Senin, 17 Januari 2011



Jenis Penyakit di Musim Hujan dan Cara Pencegahannya

Musim hujan sudah tiba. Di Karawang sendiri ketika musim hujan yang terbayang adalah banjir. Ya, banjir yang selalu menimpa sebagian wilayah Karawang terutama yang berada di pinggiran sungai seperti Citarum.  Maka dari itu, jauh-jauh hari antisipasi terhadap banjir memang mesti dilakukan. Selain itu, yang juga tidak kalah pentingnya adalah mencegah berbagai penyakit yang rawan menerpa warga di musim penghujan ini.
Berdasarkan penjelasan berbagai pakar kesehatan yang KarIn pelajari, ada beberapa penyakit yang sangat mungkin berkembang biak disaat musim hujan, diantaranya seperti dijelaskan Muhammad Putra Kusuma dalam artikelnya “Waspadai penyakit-penyakit di musim hujan” (www. www.sobatsehat.com) adalah sebagai berikut :
  1. Demam berdarah. Pada musim hujan pertumbuhan populasi nyamuk semakin meningkat seiring banyaknya tempat perkembang biakannya.
  2. Diare. Beberapa kali pengalaman saya Kejadian Luar Biasa Diare terjadi pada musim hujan terutama pada penduduk yang tidak memiliki sarana BAB ( Buang Air Besar ) yang memadai dan sumber air yang kurang baik.
  3. Leptospirosis. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri leptospira yang di bawa oleh tikus ( dikenal sebagai penyakit kencing tikus ). Penyakit ini biasanya timbul ketika banjir.
  4. Flu. Flu biasa nya timbul ketika perubahan cuaca.
  5. Malaria. Ini merupakan salah satu penyakit yang ditularkan oleh nyamuk. Biasanya juga penyakit malaria ini merupakan penyakit endemis daerah tertentu. Seperti Papua dan  Bangka Belitung.
  6. Ngilu pada sendi.
Adapun mengenai cara pencegahan penyakit-penyakit diatas, lebih lanjut Muhammad Putra Kusuma yang juga merupakan pegawai Dinas Kesehatan Kab. Bangka Barat, Bangka Belitung ini menjelaskan sebagai berikut :
  1. Kenali gejalanya.
  2. Rajin-rajinlah membersihkan selokan rumah dan lingkungan.  Ajak masyarakat sekitar untuk gotong royong.
  3. Minum air matang yang dimasak lebih dari 100 derajat celcius.
  4. Selalu menjaga kebersihan tangan. Disini cara mencuci tangan yang benar.
  5. Menggunakan alas kaki yang baik.
  6. Gunakan sepatu boot tinggi saat berjalan di waktu banjir.
  7. Sediakan obat-obattan di rumah.
  8. Segera konsultasi ke doker anda apabila terdapat gejala yang merisaukan.
  9. Gunakan penolak nyamuk dan kelambu.
Itulah berbagai penyakit yang harus diwaspai dimusim hujan ini. Mencegah tentunya lebih baik daripada mengobati dan seperti perumpaan sedia payung sebelum hujan adalah lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar